Maret 05, 2011

Tugas Sistem Operasi

1. Kernel
             Kernel merupakan suatu perangkat lunak bagian utama dalam sistem operasi yang berhubungan langsung dengan perangkat keras.
             Tugas kernel yaitu melayani bermacam - macam aplikasi untuk mengakses atau menggunakan sumberdaya (resource) yang ada pada komputer(perangkat keras).
             Macam - macam kernel :
  • kernel monolitik Kernel monolitik mengintegrasikan banyak fungsi di dalam kernel dan menyediakan lapisan abstraksi perangkat keras secara penuh terhadap perangkat keras yang berada di bawah sistem operasi.
  • Mikrokernel  Mikrokernel menyediakan sedikit saja dari abstraksi perangkat keras dan menggunakan aplikasi yang berjalan di atasnya—yang disebut dengan server—untuk melakukan beberapa fungsionalitas lainnya.
  • Kernel hibrida. Kernel hibrida adalah pendekatan desain microkernel yang dimodifikasi. Pada hybrid kernel, terdapat beberapa tambahan kode di dalam ruangan kernel untuk meningkatkan performanya.
  • Exokernel. Exokernel menyediakan hardware abstraction secara minimal, sehingga program dapat mengakses hardware secara langsung. Dalam pendekatan desain exokernel, library yang dimiliki oleh sistem operasi dapat melakukan abstraksi yang mirip dengan abstraksi yang dilakukan dalam desain monolithic kernel.
2. DMA( Direct Memory Access)
          DMA merupakan device controller yang dapat mentranfer blok data dari memory buffer(memory yang terdapat pada device) ke main memory tanpa adanya intervensi terus menerus dari prosesor sehingga tidak membebani kinerja prosesor. Walaupun demikian proses dari DMA masih di bawah sebuah kontrol aplikasi yang di eksekusi oleh prosesor.
          Fungsi DMA adalah mengizinkan tranfer blok data dari external device (buffer) langsung ke memory utama.
          Jenis DMA :
  • Third-party DMA, yang menggunakan DMA controller yang ada pada motherboard untuk mengerjakan proses.
  • Fisrt-party DMA atau juga disebut dengan Busmastering DMA, di mana proses dikerjakan oleh bagian logic di interface card.
3. a. In Syncronouse file I/O adalah proses pada memulainya tread pada I/O yang akan diproses disaat request dari I/O control telah selesai(sekuensial).
    b. Asyncronouse file I/O atau non blocking I/O adalah sebuah bentuk input output yang memungkin proses lain berjalan sebelum trnsmit data selesai(multitread).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar