April 18, 2011

Tugas Jarkom III

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan URG,ACK,PSH,RST,SYN,FIN, dan fungsinya?


  • URG adalah kepanjangan dari Urgent yang digunakan untuk mengidentifikasi beberapa bagian dari segment TCP mengandung data yang sangat penting, maka jika URG bernilai 1 ada segment yang berisi data penting misal pasword.
  • ACK adalah kepanjangan dari acknowledgment, yang digunakan untuk menerima persetujuan koneksi yang akan dibuat oleh yang merequest koneksi, ack akan di set selalu berniali 1 jika telah terjadi koneksi, kecuali pada saat pertama pembuatan sesi koneksi pada TCP.
  • PSH adalah untuk mengidentifikasi isi TCP Receife buffer harus diserahkan kepada layer protocol aplikasi. Saat flag PSH bernilai 1, maka data yang berada dalam segment tidak boleh ada 1 byte pun yang hilang dari aliran byte segment tersebut, data tidak akan diberikan pada protokol aplikasi hingga semua data segment yang hilang ( lost ) datang ( dikirim kembali ). Normalnya, TCP Receive buffer akan dikosongkan (dengan kata lain, isi dari buffer akan diteruskan kepada protokol lapisan aplikasi) ketika buffer tersebut berisi data yang kontigu atau ketika dalam "proses perawatan". Flag PSH ini dapat mengubah hal seperti itu, dan membuat akan TCP segera mengosongkan TCP Receive buffer. Flag PSH umumnya digunakan dalam protokol lapisan aplikasi yang bersifat interaktif, seperti halnya Telnet, karena setiap penekanan tombol dalam sesi terminal virtual akan dikirimkan dengan sebuah flag PSH diset ke nilai 1. Contoh dari penggunaan lainnya dari flag ini adalah pada segmen terakhir dari berkas yang ditransfer dengan menggunakan protokol FTP. Segmen yang dikirimkan dengan flag PSH aktif tidak harus segera di-acknowledge oleh penerima.
  • RST adalah digunakan untuk mengidentifikasi ketika koneksi yang dibuat akan di gagalkan.Jika sebuah koneksi TCP aktif dan sebuah segment diterima dengan flag RST aktif ( 1 ) ternyata segment tersebut bukan segment yang diminta sehingga koneksi pun gagal sehingga data yang berada pada buffer akan dibuang ( dihilangkan ). Untuk sebuah koneksi TCP yang sedang dibuat, segmen dengan flag RST aktif akan dikirimkan sebagai respons terhadap request pembuatan koneksi untuk mencegah percobaan pembuatan koneksi.
  • SYN adalah flag yang digunakan pada saat pertama kali akan membuat koneksi dengan komputer yang dituju atau server yang dituju. Pada saat SYN bernilai 1 segment tersebut adalah segment yang digunakan untuk membuat sesi koneksi, dan setiap host TCP lainnya akan memberikan jawaban (acknowledgment) dari segmen dengan flag SYN tersebut dengan menganggap bahwa segmen tersebut merupakan sekumpulan byte dari data. Field Acknowledgment Number dari sebuah segmen SYN diatur ke nilai ISN + 1.
  • FIN adalah flag yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah koneksi, karena pengiriman data telah selesai. ketika sebuah koneksi TCP akhirnya dihentikan ( akibat tidak ada lagi data yang akan dikirim ), naka host tersebut akan mengirim segment TCP dengan flag FIN bernilai 1, dan saat host yang diajak berkoneksi menerima segment dengan flag FIN bernialai 1 maka koneksi pun akan segera dihentikan ( di putus ).
2. Kapan DNS menggunaka protokol TCP dan pada saat kapan DNS menggunakan protokol UDP ?
DNS menggunakan TCP dan UDP di port komputer 53 untuk melayani permintaan DNS. Nyaris semua permintaan DNS berisi permintaan UDP tunggal dari klien yang diikuti oleh jawaban UDP tunggal dari server. Dan pada saat kapan protocol TCP digunakan? Umumnya TCP dipergunakan hanya ketika ukuran data jawaban melebihi 512 byte, atau untuk pertukaran zona DNS zone transfer. DNS zone transfer adalah sebuah mekanisme untuk mereplikasi DNS data dari satu DNS ke DNS server lain. Zone transfer digunakan pada saat kita ingin mereplikasi DNS data pada DNS server kita dalam upaya menghemat bandwidth, untuk meningkatkan kecepatan terhadap suatu permintaaan atau untuk membuat DNS data selalu tersedia pada saat DNS server pada internet terputus.
3. Apa yang dimaksud dengan WEEL KNOW PORT, REGISTERED PORT dan DYNAMICALLY ASSIGNED PORT ?
WEEL KNOW PORT adalah port port yang pada awalnya berkisar antara 0 sampai 255 tapi kemudian di perlebar pada 0 sampai 1023 dikarenakan kurang lebarnya jika menggunakan 0 sampai 255. Port port yang berada pada well know port , selalu mempresentasikan aplikasi jaringan yang sama. Port pada TCP (45,106) digunakan untuk memberikan kepada client yang tidak dikenal, sebuah port layanan yang didefinisikan.Daftar ini menentukan port yang digunakan oleh server sebagai proses pada port server.
REGISTERED PORT adalah port port yang digunakan oleh vendor vendor komputer atau jaringan yang berbeda ( aplikasi dari vendor misal YM ) untuk mendukung aplikasi dan sistem operasi yang mereka buat. Registered port juga diketahui dan didaftarkan oleh IANA tapi tidak dialokasikan secara permanen, sehingga vendor lainnya dapat menggunakan port number yang sama ( pemberian portnya secara ngacak atau random ). Range registered port berkisar dari 1024 hingga 49151.
DYNAMICALLY ASSINGNED PORT adalah port yang digunakan dan ditetapkan oleh sistem operasi atau aplikasi yang digunakan untuk melayani request dari pengguna sesuai dengan kebutuhan. Dynamically Assigned Port berkisar dari 1024 hingga 65536 dan dapat digunakan atau dilepaskan sesuai kebutuhan.
4. Mengapa source port selalu berada diatas port 1023( antara 1024 hingga 65536 ) ?
Karena pada port 1023 kebawah ( 0 sampai 1023 ) itu digunakan secara permanen oleh aplikasi tertentu, misal jika akan membuka web maka akan menuju pada port 80. Sedangkan pada port diatas 1023 tidak digunakan secara permanent oleh aplikasi atau protokol tertentu, sehingga dapat digunakan oleh siapapun host yang menggunakan port tersebut. Dan pemilihan port nya selalu random tidak terpaku pada port tertentu seperti pada port dibawah 1023 yang telah ditentukan.
5. Jelaskan karakteristik dari TCP ?
  • Connection-Oriented adalah Sebelum data dapat ditransmisikan antara server ke client, maka dua proses yang berjalan pada lapisan aplikasi harus melakukan negosiasi untuk membuat sesi koneksi terlebih dahulu. Koneksi TCP ditutup dengan menggunakan proses terminasi koneksi TCP (TCP connection termination).
  • Komunikasi Full Duplex adalah dua pihak yang saling berkomunikasi akan mengirimkan informasi dan menerima informasi dalam waktu yang sama, dan umumnya membutuhkan dua jalur komunikasi, jalur masuk dan jalur keluar. Dengan menggunakan teknologi lapisan yang lebih rendah yang mendukung full-duplex, maka data pun dapat secara simultan diterima dan dikirim. Header TCP berisi nomor urut (TCP sequence number) dari data yang ditransmisikan dan sebuah acknowledgment dari data yang masuk.
  • Reliable ( dapat diandalkan ) adalah  Data yang dikirimkan ke sebuah koneksi TCP akan diurutkan dengan sebuah nomor urut paket dan akan mengharapkan paket positive acknowledgment dari penerima. Jika tidak ada paket Acknowledgment dari penerima, maka segmen TCP (protocol data unit dalam protokol TCP) akan ditransmisikan ulang mana segment yang tidak ada balasan acknowlegmentnya. Pada pihak penerima, segmen-segmen duplikat akan diabaikan dan segmen-segmen yang datang tidak sesuai dengan urutannya akan diletakkan di belakang untuk mengurutkan segmen-segmen TCP. Untuk menjamin integritas setiap segmen TCP, TCP mengimplementasikan penghitungan TCP Checksum.
  • Flow Control adalah Untuk mencegah data terlalu banyak dikirimkan pada satu waktu, yang akhirnya membuat "macet" jaringan internetwork IP, TCP mengimplementasikan layanan flow control yang dimiliki oleh pihak pengirim yang secara terus menerus memantau dan membatasi jumlah data yang dikirimkan pada satu waktu. Untuk mencegah pihak penerima untuk memperoleh data yang tidak dapat disangganya ( over dari kapasitas memori buffer), TCP juga mengimplementasikan flow control dalam pihak penerima, yang mengindikasikan jumlah buffer yang masih tersedia dalam pihak penerima.
6. Jelaskan apa yang dimaksut dengan Source, Destination, Sequencing, Acknowledgment dari penerimaan data, Flow Control?


  • Source adalah port client yang akan membuat koneksi dengan server atau sebaliknya.
  • Destination adalah port yang akan dituju oleh client dalam internetwork atau sebaliknya.
  • Sequencing adalah Mengurutkan paket (packet sequencing), yang dilakukan untuk mengubah data yang hendak dikirimkan menjadi segmen-segmen data (proses ini disebut dengan proses segmentasi/segmentation), dan tentunya memiliki fitur untuk menyusunnya kembali ( dengan menomori setiap segment ).
  • Acknowledgment dari penerimaan data adalah penerima ( host ) akan mengirimkan paket acknowledgment jika segment yang dikirim telah sampai padanya, dan tidak mengirim jika tidak ada segment yang datang padanya.
  • Flow Control adalah Mengatur alur untuk menjamin bahwa perangkat yang mentransmisikan data tidak mengirimkan lebih banyak data daripada yang dapat ditangani oleh perangkat yang menerimanya.


7. Jelaskan header - header pada TCP dan UDP !
Header header pada TCP


  • Source Port adalah port sumber protokol aplikasi yang mengirimkan paket TCP yang bersangkutan.Gabungan antara field Source IP Address dalam header IP dan field Source Port dalam field header TCP disebut juga sebagai source port, yang berarti sebuah alamat global dari mana segmen dikirimkan.
  • Destination Port adalah port tujuan protokol aplikasi yang mengirimkan paket TCP yang bersangkutan. Gabungan antara field Destination IP Address dalam header IP dan field Destination Port dalam field header TCP disebut juga sebagai destination port, yang berarti sebuah alamat global ke mana segmen akan dikirimkan.
  • Sequence Number adalah nomor urut dari oktet pertama dari data di dalam sebuah segmen TCP yang hendak dikirimkan. Field ini harus selalu diset, meskipun tidak ada data (payload) dalam segmen.Ketika memulai sebuah sesi koneksi TCP, segmen dengan flag SYN (Synchronization) diset ke nilai 1, field ini akan berisi nilai Initial Sequence Number (ISN). Hal ini berarti, oktet pertama dalam aliran byte (byte stream) dalam koneksi adalah ISN+1.
  • Acknowledgment Number adalah nomor urut dari oktet selanjutnya dalam aliran byte yang diharapkan untuk diterima oleh pengirim dari si penerima pada pengiriman selanjutnya. Acknowledgment number sangat dipentingkan bagi segmen-segmen TCP dengan flag ACK diset ke nilai 1.
  • Data Offset adalah di mana data dalam segmen TCP dimulai. Field ini juga dapat berarti ukuran dari header TCP. Seperti halnya field Header Length dalam header IP, field ini merupakan angka dari word 32-bit dalam header TCP. Untuk sebuah segmen TCP terkecil (di mana tidak ada opsi TCP tambahan), field ini diatur ke nilai 0x5, yang berarti data dalam segmen TCP dimulai dari oktet ke 20 dilihat dari permulaan segmen TCP. Jika field Data Offset diset ke nilai maksimumnya (24=16) yakni 15, header TCP dengan ukuran terbesar dapat memiliki panjang hingga 60 byte.
  • Reserved adalah Direservasikan untuk digunakan pada masa depan. Pengirim segmen TCP akan mengeset bit-bit ini ke dalam nilai 0.
  • Flags adalah Mengindikasikan flag-flag TCP yang memang ada enam jumlahnya, yang terdiri atas: URG (Urgent), ACK (Acknowledgment), PSH (Push), RST (Reset), SYN (Synchronize), dan FIN (Finish).
  • Window adalah umlah byte yang tersedia yang dimiliki oleh buffer host penerima segmen yang bersangkutan. Buffer ini disebut sebagai Receive Buffer, digunakan untuk menyimpan byte stream yang datang. Dengan mengimbuhkan ukuran window ke setiap segmen, penerima segmen TCP memberitahukan kepada pengirim segmen berapa banyak data yang dapat dikirimkan dan disangga dengan sukses. Hal ini dilakukan agar si pengirim segmen tidak mengirimkan data lebih banyak dibandingkan ukuran Receive Buffer. Jika tidak ada tempat lagi di dalam Receive buffer, nilai dari field ini adalah 0. Dengan nilai 0, maka si pengirim tidak akan dapat mengirimkan segmen lagi ke penerima hingga nilai field ini berubah (bukan 0). Tujuan hal ini adalah untuk mengatur lalu lintas data atau flow control.
  • Chaecksum, digunakan untuk melakukan pengecekan integritas segmen TCP (header-nya dan payload-nya). Nilai field Checksum akan diatur ke nilai 0 selama proses kalkulasi checksum.
  • Urgent Pointer, digunakan untuk menandai dimana lokasi data segment yang penting.
  • Options, digunakan untuk menampung beberapa opsi pada TCP. Setiap opsi TCP akan memakan ruangan 32 bit, sehingga ukuran header TCP dapat diindikasikan dengan menggunakan field Data offset.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar